Sebagai seorang pecinta musik, Anda sudah pasti mengetahui jika genre atau aliran musik yang ada di dunia ini ada berbagai macam sekali. Mulai dari rock, pop, dangdut, dan juga musik jazz. Membicarakan tentang musik jazz, apakah Anda tau mengenai aliran musik yang satu ini. Lalu seperti apa sih tips belajar aliran musik jazz bagi pemula?

Mengenal Aliran Musik Jazz

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai tips belajar musik jazz bagi pemula, agaknya Anda perlu untuk tahu terlebih dahulu mengenai aliran musik jazz. Jadi, musik jazz merupakan data sgp suatu aliran musik yang berasal dari negara Amerika Serikat. Musik Jazz sendiri merupakan gabungan dari beberapa aliran musik seperti blues, ragtime, dan beberapa aliran lain asal Eropa.

Walaupun memang berasal dari negeri paman sam Amerika, akan tetapi aliran musik jazz juga tidak terlepas dari sentuhan nada awal yang berasal dari Eropa dan juga Afrika. Mulai terkenal pada tahun 1920-an, musik jazz terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan sejak saat itu bahkan hingga kini.

Sebagai salah satu aliran musik yang populer, musik jazz melibatkan banyak sekali instrumen alat musik dalam aliran lagunya. Instrumen-instrumen tersebut antara lain adalah piano, saxophone, trombone, terompet, dan juga gitar. Sementara itu, sub aliran atau sub genre dari musik jazz sendiri terbagi atas Dixieland, Bebop, Swing, Cool Jazz, Caf Jazz, Jazz Fushion, Hard Pop, dan juga Free Jazz.

Di dunia sendiri terdapat banyak sekali tokoh aliran musik jazz yang memang telah terknal di dunia musik seperti diantaranya adalah Kenny G, Michael Buble, Ella Fitsgerald, Louis Amstrong, Duke Ellington, dan juga Charlie Parker. Sementara itu, di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa tokoh aliran musik jazz yang terkenal seperti Erwin Gutawa, Indra Lesmana, Jack Lesmana, Iva Celia, Nadine, dan juga BILL Saragih.

Tips Belajar Musik Jazz untuk Pemula

Nah, setelah mengetahui lebih dalam mengenai aliran musik jazz, pasti muncul pertanyaan bagaimana sih cara untuk bisa mempelajari musik jazz ini khususnya bagi para pemula yang ingin memperdalam pengetahuannya menganai musik jazz? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

  • Mulai Mengakrabkan Diri dengan Musik Jazz

Nah, tips belajar aliran musik jazz bagi para pemula yang pertama adalah dengan mulai membiasakan atau mengakrabkan diri dengan musik jazz. Hal ini bisa Anda tempuh dengan memperbanyak untuk mendengarkan referensi musik jazz. Anda bisa melihatnya melalui Youtube, atau platform musik lainnya.

  • Perdalam Bahasa Jazz Anda

Bahasa jazz disini maksudnya adalah lick. Lick sendiri dapat diartikan sebagai sebuah penggalan musik yang dimainkan. Lick ini bisa Anda dapatkan melalui berbagai macam instrumen musik seperti gitar, bass, terompet, dan sebagainya, yang telah Anda cari dari musisi yang Anda pilih.

Setelah itu, mainkan nada dari musisi yang telah Anda pilih tersebut kedalam instrumen Anda sendiri. Jika Anda sudah memiliki referensi lick yang banyak, hal ini akan sangat membantu Anda saat memainkan musik jazz, karena hal itu akan membentuk naluri jazz dalam diri Anda secara perlahan akan tetapi dengan pasti.

  • Pahami Konsep Teori Piano Jazz

Kemudian, untuk para pemula yang ingin mempelajari aliran musik jazz, hal yang pernting dan tidak bisa dilewatkan adalah mengenai teori piano jazz yang mana hal ini menjadi penting karena piano menjadi salah satu instrumen yang paling sering digunakan dalam musik jazz.

Mempelajari konsep teori piano jazz adalah mencari tahu deretan nada apa saja yang sering muncul dan dijumpai pada lagu-lagu aliran jazz. Walaupun nanntinya instrumen yang Anda pegang bukanlah piano akan tetapi hal ini menjadi sangat penting untuk Anda yang pemula.

  • Ciptakan Nada Jazz-mu Sendiri

Setelah memperkaya pengetahuan mengenai aliran musik jazz dan juga sudah mulai memahami konsep dan teori yang digunakan dalam musik jazz, maka saatnya Anda mulai untuk menciptakan nada jazz Anda sendiri. Untuk masalah yang satu ini, naluri dan juga intuisi akan sangat berperan. Maka dari itu mengapa sebelum memasuki proses ini kita diharuskan untuk memperkaya naluri musik jazz kita terlebih dahulu.

Ciptakan nada jazz Anda sendiri dengan personal. Dan jangan mencoba untuk meniru orang lain, boleh inspirasi akan tetapi jangan disamakan dengan orang lain.

  • Lakukan Jamming dengan Komunitas, Guru, atau Kawan yang Telah Pro dalam Jazz

Dan yang terakhir adalah jamming. Anda bisa melakukan jamming-jamming sederhana bersama dengan komunitas jazz, guru jazz, atau teman-teman Anda yang mungkin jauh lebih berpengalaman dalam bidang musik jazz dibandingkan Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk belajar dan memperkaya pengalaman Anda untuk memperdalam mengenai aliran musik jazz kedepannya.