Musik Blues adalah suatu aliran musik local dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat. Memang, musik blues belum banyak diminati oleh orang tetapi musik blues ada sejak dulu. Nah, Anda berniat memoelajari musik blues? Kami akan menjelaskan dasar musik blues.

Sejarah musik blues

Musik blues ini lahir di Amerika Serikat tahun 1890-1895. Diciptakan oleh warga afrika saat menjadi budak membuat rel kereta api dll oleh warga kulit hitam. Warga Afrika tersebut mengalami kesedihan dan paksaan tanpa harapan. Dengan melampiaskan kesedihannya dengan bermain musik spiritual dengan sembarang, menghasilkan musik yang lirih. Sejak itulah musik blues dikenal.

Dalam mempelajari musik blues harus mengerti dan tentunya mau berusaha belajar musiknya. Apabila ingin mendalami musik blues, adalah pernyatuan pemain musik dengan alat musiknya yang aliran musik blues, dengan begitu akan menghasilkan irama yang merdu.

Dasar musik blues

Nantinya, setelah memahami dasar musik blues, Anda harus pahami scale-nya. Scale adalah nada yang dipolakan dalam kombinasi wholetones dan semitones. Nada baku tidak berubah-ubah, satu oktaf terdiri dari 12 nada. Nada teratur yang dikristalkan agar mudah dipahami dengan mudah dan scale itu banyak sekali.

Adapun dasar musik blues jika Anda berniat mempelajari musik blues yaitu:

Musik blues memiliki pakem birama yang mempunyai 12 Bar, meskipun tidak harus 12 bar. 12 bar itu adalah: / C- – -/ F7- – -/ C7- – -/F7- – -/ F7- – -/ C7- – -/C7 – – -/G7- – -/F7 – – -/ C7 – F7 – / C7 – G7 -// terus di ulang-ulang sampai habis. Pola ini adalah contoh pola harmoni dengan penempatan chord yang tepat dan harmonis. Apabila ingin mempelajari musik blues, Anda harus bisa mempelajari dasar musik blues ini yaitu pola 12 bar ini.

Skala yang digunakan dalam dasar musik blues adalah pentatonic plues bluenote. Mempelajari dasar musik blues harus fokus pada skala pentatonic plues bluenote. Meskipun bisa menggunakan skala yang lain. Adanya bluenote sangat penting sekali, karena merupakan salah satu unsur chord dan skala diminished. Skala diminished inilah yang memberikan suasana sedih dan juga haru. Apalagi sedih dan haru inilah adalah pkv games penyedap dari musik blues ini.

Musik blues lebih menonjolkan permainan improvisasi, ekspresiasi dan soul. Ketiga permainan tersebut, merupakan ciri khas musik blues. Dasar musik blues memang memerlukan ketiga permainan tersebut. Karena musik blues mengajarkan musisi dalam memainkannya tanpa latihan ataupun terkonsep. Tetapi lebih mengandalkan improvisasi secara spontan. Dengan hal tersebut, akan melatih seseorang untuk bermusik secara rileks dan juga tidak membosankan.

Musik blues menggunakan chord yang terdiri dari 3 chord utama. Musik blues bisa digunakan oleh seseorang yang ingin berekspresi dengan bebas. Dengan begitu Anda, tidak terlalu banyak memikirkan chord yang banyak meskipun dapat dimainkan banyak chord. Cukup 3 chord utama tadi yaitu tingkat 1 (goal), tingkat IV (touser), dan tingkat V (smasher).

Chordnya terdiri dari chord DOM7 yakni, C7-F7 dan G7. Dasar musik blues selanjutnya adalah chord DOM7 yakni C7-F7 dan G7. Setiap chord umum berstatus Dominant 7 yang artinya tegang. Jadi, para musisi dapat berekspresi dengan bebas tetapi mempunyai karakter tegang. Chord DOM7 inilaha yang memberikan keleluasaan dalam menentukan dan memilih skala melodi selanjutnya.

Bertempo lambat, sedang ataupun cepat Dasar musik blues juga bertempo lambat, sedang maupun cepat. Tempo lambat untuk berimprovisasi secara ekspresif dan sangat efektif untuk melatih memunculkan rasa kejiwaan. Dalam tempo cepat, pola berimprovisasi akan teratur dan disesuaikan dengan chord yang berpindah dengan cepat.

Berirama shuffle yakni ritmik triplet Musik blues berirama shuffle yakni irama unik yang tidak jauh berbeda irama swing di musik jazz. Ritmik triplet sangat sulit dimainkan bagi Anda yang belum lihai bermain musik blues. Untuk melodi yang cepat biasanya menggunakan ritmik triplet atau triol.

Pada intinya, dasar musik blues yaitu: musik blues memiliki pakem birama yang mempunyai 12 Bar, meskipun tidak harus 12 bar, skala yang digunakan dalam dasar musik blues adalah pentatonic plues bluenote, musik blues lebih menonjolkan permainan improvisasi, ekspresiasi dan soul.

Musik blues menggunakan chord yang terdiri dari 3 chord utama, chordnya terdiri dari chord DOM7 yakni, C7-F7 dan G7, bertempo lambat, sedang ataupun cepat dan berirama shuffle yakni ritmik triplet.

Itulah dasar musik blues. Apabila Anda memang ingin belajar musik blues ini. Memang mempelajarinya cukup sulit juga dan membutuhkan banyak kesabaran dan tidak lupa latihan juga.

Melihat dasar musik blues, wajar saja musisi pemula maupun yang mahir sekalipun kadang-kadang masih mengalami kesulitan dalam memunculkan ekspresi yang dimainkan dengan improvisasi . Apalagi buat Anda yang sudah terbiasa memainkan musik secara terkonsep dan terencana.

Bagi Anda yang ingin mempelajari musik blues, cobalah dan jangan pantang menyerah.